Sunday 3 March 2013

about ME !!!!!

Saya sulung 5 bersaudara
sebetulnya sih 7 tapi yg 2 meninggal dunia,,i pun sulung hidup setelah kak cewekku ninggal pas beberapa bulan dilahirin..hufff siap2 dg my longgg story..
      Aku lahir didesa makarti jaya tepatnya dimusi banyuasin palembang. masa kecil gk banyk yg kuingat,aku sekolah di SD negri 1 makarti kelas 4 SD kami pindah kejalur 8 saleh jembatan 2. disini semua bermula.
      aku habiskan SD dan MTs ku disini, masa remaja yg gak begitu
indah buatku karena ekonomi keluargaku yg minim. Ayahku saat itu hanya seorang nelayan yg bergantung pada laut yg tk menentu.membuat uang sekolah selalu nunggak. tak ada uang jajan untuk kami, pergi sekolahpun jarang sarapan yg ada kalo pas istirahat pulang makan coz jarak sekolah yg dekat. Adik2 ku terkadang mencuri uang ibuku untuk jajan.. kumaklumi walau itu tabiat buruk yah namanya anak2 kadang mereka ngiler liat temennya jajan.
      Emak hanya ibu rumah tangga biasa yg menurutku sedikit lemah, karena dia tak memberi hukuman bagi adik2 yg mencuri cuma ngomel2 $€€£¥¢₩§ udah. so adik2 ku akan mengulangi lagi untuk mencuri. kami hanya bisa jajan kalo ayah pulang dari laut itupun tak menentu kadang sebulan lebih baru pulang.Emak harus menghemat uang kalau nggak cukup yah utang diwarung numpuk.kadang uang yg ayah bawa cuma cukup buat bayar hutang. .hufffftt panjang ya.
          belakang rumah kami banyak pohon kopi yg selalu kami ambil dikeringkan dan dikupas seminggu sekali kami jual dikalangan atau pasar dadakan yg cuma seminngu sekali juga. duitnya cuma cukup beli pecel 5 bungkus dan nebus ACCU atau aki.Buat nyetel tv yup tv hitam putih satu2 nya hiburan kami itupun masa itu cuma ada tvri dan tpi saja blm ada channel swasta. tanyangan yg mau diliatpun mesti dibatasi. kalo kita mau liat kartun ayahku pasti bilang " huh filem kertas ngabis2in aki saja" yup kita matikan. tapi kalo ada siaran tinju huhhh bapaku siap dg bantalnya didepan tv.hehehe.
       kadang pernah loh emakku ikut bapak kelaut tinggalkan aku dan adik2ku yg sekolah. kami sering kelaparan dan makan apa saja karena tk bisa menghandle uang belanja. namanya anak2 dulu bisa makan dg supermi yg harganya rp250 perak aja udah mewah bgt. kalo duit udah abis kami apa saja disekitar kami. ubi pisang. apa saja PERNAH kami masak beras hancur yg biasa nenek ku beri pada ayam lauk terasi :-( Dan tuhan kasihan dg kami pagi kami makan itu dan siangnya ortu kami pulang.
         bila kami ingin sesuatu selalu kami bilang "nunggu ebak balek".  atau tunggu ayah pulang walau kadang( selalunya sih) uang yg ayah bawa cuma cukup buat bayar utang diwarung, dlm setahun ada bulan2 ngene alias bulan panen bagi nelayan disitulah ayahku bisa beliin emak perhiasan emas lebih tepatnya investasi kalo dilaut gelombang besar atau musim kabut tebal ayah gk melaut emas itu dijual buat makan. bapak belikan kami spring bed second dari kapal pembawa barang dr singapore yg alhamdulilah quality banget sampe sekarang pun masih ada cuma warnanya aja udah buluk tapi still empuk(heh kok ngelantur kemana2 ya).
     kadang kalo liburan sekolah aku akan ikut ayah kelaut. Ayah biasanya sebut "kapal" kecilnya dg perahu condong.Kami mesti berhimpit untuk tidur dan rela mandi air asin laut.kami cukup gembira setidaknya kami makan fresh seafood everyday haha. malam ayah menjatuhkan jala lalu tiap kurang lebih setengah jam ayah angkat dan letak dalam kotak kayu..n kami akan milih atau misahin mana udang besar kecil dan ikan dan banyak lg binatang lain yg kalo kami gk hati2 bisa melukai atau menggigit kami. pagi hari ayah akan jatuhkan jala ditengah laut dan tidur sambil itu kami akan bercerita bernyanyi atau apa saja sambil menunggu ayah bangun dan menjual hasil laut kami. tak ada yg kami beli selain indomie makanan " mewah" masa itu.
         kalau laut bergelora masa itulah ayah akan " cuti" kelaut. bulan paceklik bagi kami.
          masa remaja indah menurutku walau dlm keterbatasan kami sangat dekat dg sesama sepupu, kami selalu tertawa untuk hal2 yg gak lucu menurut org lain apalagi waktu kami mulai kenal lawan jenis.. semua indah hehe kita sesama sepupu sempat taruhan bahwa aku yg akan menikah duluan hehe. nyatanya malah paling terakhir haha. namun masa2 indah itu perlahan hilang seiring pindahnya sepupu2 ku kesekolah dipalembang. karena desa kami cuma ada sd sama smp aja.
        aku sendiri nggak bisa ngelanjutin sma karena aku gak bebani keluargaku dg biaya sekolah. karena ibu bilang mesti kepalembang dan biaya kost dan sebagainyalah yg sgt berat.Akhirnya aku mengalah biar adik2 ku yg sekolah, dan aku kepalembang mencoba mengadu nasib jadi pembantu rumah tangga. walau masa itu gaji pembantu cuma 30 ribu rupiah sebelum krismon mah besar. aku ikut seorang bidan disitulah aku belajar banyak mulai mandiin bayi yg baru keluar lho aku nggak takut sama sekali, bersiin badan bayi yg banyak "getah nangka" nya nggak geli juga. malam sebelum tidur aku berhayal ya allah bila aku bisa seperti orang lain yg hidup berkecukupan.. satu hari ibuku menelepon kerumah majikanku dan bilang kami udah pindah ke makarti lagi.. dan disini lah hidup ku mulai berubah..
      will continue to next story my finger so tired to type...

No comments:

Post a Comment