Saturday 2 March 2013

Singapore im coming

            setelah ngalor ngidul ngeluyur gak keruan akhirnya aku bosan dirumah dan mulai mikir lagi apa jadi keluarga aku kalo aku trus begini. akhirnya gak tau gmn cerita dan prosesnya akupun udah PT lagi. dan kali ini gak usah kemana2 PT nya dipalembang aja.
            gak seperti waktu kemalaysia kali ini jalan ku ke singapore sangat mulus. DiPT aku cuma kurang dari 2 minggu oya dipenampungan karena mau kesingapore mereka fokusin buat ngajar bhs inggris. aku nggak mengalami kesulitan cuma kadang2 bandel aku  yg buat seringkali dapat hukuman.  paling2 hukumannya cumi cuci toilet doang hheee. n hari H nya aku terbang saat mau berangkat ku kecup tangan ayahku dibandara.. sempet juga nangis sih..dalam hati tuhan aja yg tau sedihku meninggalkan org2 yg kusayang. sampai disingapore aku dan temanku diambil oleh Agent yg berlainan sedih takut bercampur jadi satu.
           Sistem tki tak sama disingapore kalo dulu simalaysia datang trus kerumah majikan kerja. tapi disini mah huhh panjang perjalanannya. udah di ambil agent aku dibawa di satu tempat yg banyak bgt tki dari berbagai negara. Disuruh mandi n makan. .gak mcm agen lain disini lauknya lumayan (menurutku sih) malah disuruh makan banyak2 udah gitu tidur. esok paginya di bawa ke MOM atau Ministry of manpower disana kita dikumpulin buat test dan penyuluhan. test tertulisnya mah soal2 mudah yg ngerti english. kalo yg gak ngerti yah susah karena kebanyakan tki ada yg cuma gak lulus SD tapi yah lagi2 nasib yg menentukan.
          Bagi yg gak lulus test boleh ulang ampe 3 kali kalo dah 3 kali gk pass juga dipulangin lagi kebatam alias belajar lagi. capek deh:-) alhamdulilah aku lulus.oya disana aku juga ketemu ama temenku yg bareng dari PT tapi beda agent, yaampun dia kumel bgt n masih pake baju yg kemarin gak ganti trus gak dikasih makan liat matanya pun tau kalo dia kurang tidur.
          sekali lagi kami terpisah dan sampe skrg gk ketemu. sekali lagi tuhan sayang padaku pass english test aku langsung ketemu majikan ku,sedangkan ada lohh yg tunggu majikannya diagent lama.next
            First liat muka majikanku kayak seram bgt deh kulitnya kayak org melayu padahal dia cina. sampe di rumahnya yg org singapore blg HDB flat ( common singaporean house) yg berkamar tiga dan satu store room yg diperbesar buat kamarku. Baby yah aku jaga baby.
               karena rumah org singapore kecil so senang aja buatku bersih2. singkat cerita tu baby udah skolah TK, sekolahnya seharian 8-6 so dirumah tuh boring banget mondar mandir dirumah  kecil itu aja. Boss ku yg punya usaha catering akhirnya dapat solusi dia minta saya bantu2 yeaaahh finally keluar juga dari sangkar HDB :-). kerjaku cuma packing nasi ama potong sayur dg bersih2 banyak sih pekerjanya yg rata2 orang china kami hanya bekerja gak bisa ngobrol karena english mereka minim.. selalunya sih pake bahasa tarzan buat tanya sesuatu. disitu aku bener2 belajar banyak oya disingapore org2 pake bahasa inggris dan mandarin saja. ada sih beberapa yg ngomong melayu.
              Employer disingapore malah gak mau ribet ama urusan maid hari pertama aja aku udah diajarin gimana pergi ke cateringnya, dikasih uang buat MRT card n bus nya. pembantu gak ada yg kabur singapore tu kecil aja. mau kabur pun gak bisa kemana2.
           dicatering itulah aku berjumpa dg pria yg cina malaysia yg bekerja as a chef dicatering boss ku. hubungan kami terputus begitu saja saat kontak kerjaku habis. sebenarnya aku bisa saja mencarinya atau menghubunginya dia pun tau kontak hp ku waktu diindo, tapi ya udah lah sesuatu yg singgah pasti akan pergi. lagipun kami beda agama mau dilanjutin gmn pun pasti gak tau penghujungnya.
            oya gaji yg kuterima saat itu cuma $GD 350. tapi bersih loh gak kepotong apa2 alhamdulilah boss ku baik hati apa yg ku mau dibeliin (just kebutuhan harian lho). kalo temen2 ku yg lain mah minta jepit rambut aja potong gaji.. Gajiku nyicil buat rumah dan isinya..tapi aku sangat labil dg uang bener2 gak inget mau nyimpen coba kalo kusimpan pasti dah lumayan.  kalo inget itu aku nyesel juga selain rumah sebenarnya aku punya lebih uang tapi saat itu aku tak tau gimana simpan duit. uang yg ada berpuluh juta kuhamburkan entah buat apa gak inget sampai kontrakku habis. .. aku pulang lagi kedesaku di makarti jaya.
           sama seperti saat pulang dari malaysia waktu berlalu dan aku udah pokai gak tau mau buat apa. akhirnya ada salah seorang bibiku yg bekerja di malaysia bilang ikut dia aja. kupikir yah masak bolak balik malaysia lagi sih..coz no choice yeah terpaksa gue kesana tapi gue nyebrang kesingapore dulu baru..yaampun kalo gak ada work permit mah masuk sana sangat susah banyak pertanyaannya. salah ngomong mungkin gk dikasih masuk.
             Masuk singapura terus pindah beli tiket bus buat pergi ke malaysia, n then mulailah hidup baru n new story dimalaysia..in next story

No comments:

Post a Comment